Sebutkan faktor yang mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia ? (minimal 6)
1. Faktor
modal
Dengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani.
Contohnya : Apabila modal yang ditanamkan untuk menjalankan sebuah bisnis kecil maka keuntungannya atau produktifitas untuk menghasilkan barang itu kecil pula.
Dengan modal yang dimiliki, orang bisa mulai berbisnis. Besar modal yang diperlukan untuk berbisnis tergantung dari bisnis apa yang akan kita jalani.
Contohnya : Apabila modal yang ditanamkan untuk menjalankan sebuah bisnis kecil maka keuntungannya atau produktifitas untuk menghasilkan barang itu kecil pula.
2. Faktor SDM (Sumber Daya Manusia)
Agar bisnis yang dijalani tersebut sukses dan menghasilkan banyak keuntungan, tentu diperlukan orang-orang yang terampil, kreatif, berkualitas tinggi, ulet, mampu berinovasi, pantang menyerah, mempunyai kemampuan bersaing yang tinggi (kompetitif), sportif dan pandai mengolah bisnisnya.
Contohnya : adalah apa bila SDM yang menjalankan sebuah bisnis itu adalah SDM yang cerdas atau berkualitas maka bisnis itu akan berjalan dengan lancar (sukses) tapi itu juga dapat di pengaruhi oleh faktor-faktor lain.
3. Faktor ketepatan produk atau kecocokan produk
Faktor ini juga mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Produk yang cocok adalah produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan konsumen serta harganya terjangkau (sesuai dengan daya beli konsumen). Produk tersebut harus bisa memberikan manfaat kepada konsumen dan bila perlu dapat memberikan tambahan kepuasan kepada konsumen. Orang yang berbisnis harus benar-benar mempertimbangkan harga yang mereka tetapkan. Mereka harus bisa menetapkan harga yang terjangkau dengan daya beli konsumen namun dengan tetap memperhitungkan biaya yang telah dikeluarkannya. Mereka juga harus memperhatikan harga pesaingnya. Konsumen tentu akan memilih produk yang harganya terjangkau namun dengan tetap mempertimbangkan kualitas produk yang akan mereka konsumsi. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan kualitas barang yang diproduksinya.
Contohnya : kita harus dapat menjual produk dengan tepat atau sesuai keadaan misalnya adalah kita harus menjual payung dan jas hujan kala musim hujan tiba.
4. Faktor lingkungan masyarakat
Lingkungan masyarakat juga memiliki pengaruh yang kuat terhadap iklim bisnis di Indonesia. Lingkungan masyarakat cenderung dinamis, selalu ada perubahan. Kebutuhan dan keinginan masyarakat bermacam-macam dan selalu berubah-ubah. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus selalu memperhatikan lingkungan masyarakat.
Contohnya : misalnya kita dulu menjual minyak tanah di suatu lingkunga, namun sekarang para konsumen sudah beralih kepada gas jadi kita tidak mungkin menjual minyak tanah lagi melainkan kita harus menjual gas.
5. Faktor persaingan pasar
Pada kenyataannya di Indonesia, banyak sekali bisnis-bisnis yang saling bersaing untuk dapat menguasai pasar sehingga mereka mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu, orang yang berbisnis harus mempunyai strategi untuk dapat menguasai pasar dan mengalahkan pesaingnya.
Contohnya : kita harus dapat menjual barang dagangan yang sama dengan barang dagangan orang lain dengan harga yang lebih murah atau sama namun kita harus memperhitungkan kerugian dan keuntungan kita dulu.
6. Faktor teknologi
Faktor teknologi juga berpengaruh terhadap iklim bisnis di Indonesia. Semakin maju teknologi yang digunakan, semakin berkembang pula bisnis yang dijalani, namun dengan tetap memperhatikan skill serta faktor-faktor lainnya.
Contohnya : apa bila teknologi yang kita gunkan sudah maju kita hanya perlu megunakan mesin untuk memproduksi barang dagangan kita (tanpa harus menghilangkan peran SDM), maka kita dapat mendapatkan keuntungan lebih besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar